10 Formula Pengusaha Hebat

10 Formula Pengusaha Hebat

5 March 2015

Dalam melatih mahasiswa STIEBBANK menjadi calon pengusaha hebat seperti para pembaca, kami merumuskan 10 formula sukses yang perlu mereka siapkan. Formula ini bisa diterapkan dalam lingkup bisnis yang lebih luas.

  1. Tertib Administrasi

Orang yang tertib administrasi berarti orang yang bertanggung jawab, bisa dipercaya, dan bisa diandalkan. Bayar kewajiban, baru tuntut hak.

  1. Rajin Kuliah

Tekad saja tak cukup. Tantangan bisnis ke depan makin keras. Kuliah adalah cara terbaik menyiapkan kemenangan. Dengan kuliah, bekal pengetahuan, kecakapan, dan perilaku sukses dilatih.

 

  1. Nilai Bagus

Pernahkah Anda menonton pertandingan sepak bola? Apa tujuan suatu kesebelasan dalam bertanding? Untuk mencetak skor sebanyak-banyaknya dan menang. Cetak skor terbaik, cetak nilai terbaik, buktikan bahwa Calon Pengusaha Hebat berhasil mulai dari kelas.

 

  1. Dream and Think BIG

Segala sesuatu berawal dari mimpi. Setiap orang berhak bermimpi besar. Bermimpilah, lalu pikirkan cara mencapainya. Mimpi besar akan singkirkan rintangan. Kemudahan kita saat ini berkat mimpi dan pikiran besar para pendahulu.

 

  1. Sikap Positif

Thomas Alva Edison mengatakan, “Jenius adalah Sembilan puluh Sembilan persen kerja keras dan satu persen ide.” Ada hal ketiga yang membuat Edison sukses yaitu sikap positifnya. Ia fokus pada upaya, bukan pada kegagalan.

 

  1. Punya Integritas

Mimpi dan sikap positif saja tak cukup! Lakukan. Selaraskan pikiran dan perkataan dengan aksi nyata.

  1. Percaya Diri

“Orang lain punya alasan untuk percaya kepada Anda apabila Anda benar-benar percaya terhadap diri Anda sendiri.” D.A. Benton. Mulai latih kepercayaan diri Anda dari hal-hal yang sederhana.

 

  1. Never Give Up

Lance Armstrong merupakan pembalap sepeda Tour de France yang terkenal. Sayangnya dia mengidap penyakit kanker. Namun Lance Armstrong tidak menyerah, dia tetap berjuang melawan kankernya sampai akhirnya sembuh.

 

  1. Respect

Kita tidak bisa memaksa orang lain untuk menghormati kita. Namun jika kita menghormati orang lain, kesempatan untuk dihormati oleh orang lain menjadi besar.

  1. Kreatif

Kita semua setuju jika Steve Job (Alm.) adalah salah satu orang paling kreatif. Dia tidak menciptakan alat yang belum ada, dia memodifikasi sesuatu untuk menjadi lebih baik. Itulah kreativitas!

Peter Dendi

Dosen @STIEBBANK