Sabar dan Syukur

Sabar dan Syukur

26 February 2015

Langkah ajaib yang perlu dilakukan pebisnis dalam membangun keyakinan positif dan memberdayakan (positive and empowering beliefs) adalah syukur dan sabar. Syukur dilakukan setelah kita membangun impian sukses, sekalipun hasilnya belum terlihat nyata. Syukur kepada Tuhan dilakukan karena kita telah diberikan karunia luar biasa sehingga dapat membangun impian sukses. Syukur dapat dilakukan dalam bentuk ucapan dalam hati atau ucapan lisan dengan kata-kata terima kasih dan sebagainya serta dilakukan berulang-ulang seolah-seolah kita kita sudah menerima hasil dari impian kita.

Rhonda Byrne dalam bukunya The Magic menyarankan setiap pagi setelah bangun tidur sebelum melakukan kegiatan apa pun kita perlu mengucapkan syukur sekurang-kurangnya 10 kali tentang 10 hal yang telah kita terima pada pagi itu. Bagi para pelaku bisnis yang beragama Islam bahkan dapat melakukan ucapan syukur ini selama 5 kali dalam sehari yaitu pada setiap selesai sholat. Sekurang-kurangnya kita lakukan ucapan syukur ini sehari dua kali yaitu saat pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur. Sekali lagi, lakukan syukur setiap saat atas setiap hal yang kita terima dan lakukan berulang-ulang sampai “nancap” ke dalam pikiran bawah sadar kita. Tunggulah kita akan menerima hal-hal luar biasa dari Tuhan Sang Pencipta.

Syukur selalu berdampingan dengan sabar. Sabar sangat diperlukan dalam membangun impian sukses bisnis atau impian apapun. Impian akan berhasil menjadi kenyataan selalu memerlukan proses. Ada yang hanya dalam hitungan hari, hitungan bulan, tetapi ada yang terealisasi dalam hitungan tahun. Oleh karena itu diperlukan kesabaran oleh para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya agar selangkah demi selangkah impian itu dapat terwujud. Kita dapat membaca atau mendengarkan kisah sukses para pengusaha besar baik skala nasional maupun dunia, bahwa mereka membangun bisnisnya hingga sebesar sekarang pasti melalui berbagai jalan berliku dan dijalani dengan penuh kesabaran. Untuk membangun sikap sabar ini maka membaca kisah-kisah para pebisnis sukses adalah hal yang sangat penting dan bacalah berulang-ulang sampai “nancap” di dalam pikiran bawah sadar kita sehingga terbangun sikap sabar yang luar biasa.

Sungkono

Dosen @STIEBBANK