Bagaimana Bisa Menabung ?

Bagaimana Bisa Menabung ?

by 27 February 2015

Salam hebat Pak Putu,

Saya Dini, karyawan swasta di Wates. Saya mau nabung tapi kok rasanya penghasilan saya kurang ya. Gaji saya habis untuk kredit kendaraan dan asuransi kesehatan. Belum untuk bantu orang tua. Gimana ya Pak supaya saya bisa nabung?

Ibu Dini yang dalam proses mengHEBAT,

Kenapa saya sampaikan ibu dalam proses mengHEBAT? Karena ibu sudah mulai satu dari beberapa langkah untuk menjadi Hebat secara finansial.

Proses tersebut bernama financial health check up, Salah satunya adalah mengetahui jumlah kewajiban dibandingkan dengan kemampuan membayar kewajiban ibu. Dari analisis ini, ibu tahu bahwa ternyata penghasilan ibu “habis” untuk biaya hidup, membayar angsuran dan asuransi. Sekarang ibu menyadari bahwa ternyata keuangan ibu cukup sesak. Untuk menabung saja bahkan tidak punya, apalagi untuk berinvestasi dan membeli sesuatu yang ibu sukai berupa rekreasi atau hal-hal lain yang menyenangkan.

Ada 2 jurus utama untuk keluar dari keadaan ini. Jurus pertama adalah turunkan pengeluaran. Jurus kedua naikkan pendapatan.

Cara terbaik adalah belajar menurunkan pengeluaran karena ini baik untuk perkembangan psikologis ibu. Karena jika ini tidak dilatih sejak pendapatan kecil, maka nantinya berapa pun pendapatan ibu, ibu akan terjebak permasalahan yang sama, yaitu lebih besar pasak daripada tiang. Selalu sesak dalam mengatur keuangan.

Maka, saran terbaik hampir setiap guru bisnis dan finansial yang saya terima dan terapkan selama ini adalah mulailah menabung berapa pun penghasilan kita sekarang. Menabung untuk dana cadangan dan berinvestasi yang melipatgandakan pendapatan nantinya.

Mulailah dari 10% penghasilan ibu. Jika belum mampu, ibu bisa mulai dari angka yang ibu mampu, bisa 5% , 2%, bahkan 1%. Secara bertahap naikkan menjadi 10% , 20%, 30% dst. Sisihkan tabungan atau investasi di awal penerimaan pendapatan. Bisa ibu sisihkan di rekening khusus, reksadana, atau saham yang tidak pernah diambil. Tentu harus hati-hati memilih portofolio yang bagus untuk masa depan.

Jurus pertama wajib diterapkan, jurus kedua harus dilaksanakan jika ibu ingin kelak sejahtera secara finansial. Jurus kedua adalah jurus meningkatkan pendapatan menjadi 2x lipat, 5x lipat, 10x lipat, hingga penghasilan setahun saat ini jadi penghasilan seminggu ibu.

Itu tantangan yang saya terima 8 tahun lalu dari salah satu guru finansial saya. Tantangan ini yang saya wariskan kepada ibu sekarang :D. Yang jelas tidak ada yang mustahil dalam hidup ini Bu selagi ada orang lain yang berhasil melakukannya.

Ada banyak cara untuk meningkatkan pendapatan dengan cara menambah skill, bisnis, network, dll. Silakan ibu terus menyimak tulisan-tulisan saya. Saya meyakini, semakin ibu sering membaca dan mempraktikkan apa yang saya tuliskan, ibu akan semakin menyadari bahwa tiap hari ibu semakin mengHEBAT ….