Usaha Bimbingan Belajar

Usaha Bimbingan Belajar

by 26 February 2015

Salam hebat Pak Putu,

Saya punya usaha bimbingan belajar rumahan. Bagaimana cara memperbesar usaha supaya lebih bermanfaat? – Tedy

Salam Hebat Pak Tedy,

Ada 4 cara yang perlu disiapkan untuk membesarkan bimbingan belajar (bimbel) bapak yang saat ini masih skala rumahan. Saya menyebut hal ini sebagai 4SET. 4SET ini terdiri atas 4 SET (four set), yang diperlukan untuk sukses lebih besar dan lebih cepat dalam hal apa pun. Formula ini saya temukan setelah 18 tahun berbisnis, dan riset, mengapa ada orang yang sukses dan gagal? Mengapa ada yang sukses kecil dan sukses besar? Mengapa ada yang sukses lambat dan sukses cepat? Riset saya selama 18 Tahun akhirnya menghasilkan formula 4SET. Semoga formula ini cocok untuk Pak Tedy ya…

SET pertama adalah mindSET. Sukses biasanya bermula dari sini. Seberapa cepat, seberapa besar, dimulai dari SET pertama ini, yaitu mindSET. Ketika anda ingin membesarkan bimbingan belajar anda maka mulailah dengan membesarkan terlebih dulu mindSET anda. Pasti berbeda, mindSET atau apa yang ada dalam pikiran seorang pengelola bimbel dengan 10 siswa, 100 siswa, atau pun 10.000 siswa. Nah, anda bisa memperbesar mindSET anda dengan berpikir seolah-olah anda telah memiliki 100 siswa, 1.000 siswa, atau 10.000 siswa. Perbesar, percepat, dan perbanyak… Inilah cara meningkatkan kualitas mindSET anda….

SET kedua adalah skillSET. Sembari memperbesar mindSET, anda juga harus mengasah SKILL anda bersama seluruh tim sukses anda. Cara mengajar, cara pemasaran, cara menangani komplain siswa, tentu berbeda antara mereka yang menangani 100, 1.000, bahkan 10.000 siswa, bukan?

SET ketiga adalah toolSET. Alat kerja anda juga perlu di-upgrade. Artinya, perbesar, percepat dan perbanyak. Untuk pengajaran di kelas, alat pemasaran, program customer loyalty, tentu akan berbeda.

SET keempat adalah actionSET, yaitu seperangkat tindakan, yang menjadikan seseorang atau sebuah organisasi menjadi sukses. Anda pasti juga sudah hapal bahwa tindakan atau ACTION orang yang bekerja untuk mendapat 100, 1.000, atau 10.000 mahasiswa tentu sangat berbeda, bukan?

Nah, bagaimana cara meng-upgrade 4SET anda dengan cepat? Dalam teknik NLP (Neuro-Linguistic Programming) disebut sebagai modelling, yang di Indonesia disebut ATM (amati, tiru, dan modifikasi). Jadi ATM-lah bimbel yang ingin anda jadikan role model, amati 4SET mereka, lalu anda lakukan eksperimen, mana yang cocok untuk anda. Simpel, bukan? Selamat mengHEBAT Pak Tedy…