Pengusaha Level 1 di Zaman Social Media

Pengusaha Level 1 di Zaman Social Media

by 27 February 2015

Seperti halnya anda, yang mungkin kadang-kadang terkaget-kaget, bahwa tiba-tiba anda tersadar, bahwa ternyata usia sudah tidak muda lagi, karena anak-anak sudah besar dan rambut mulai beruban, begitu juga saya, tiba-tiba saya tersadar, tahun ini genap sudah 19 Tahun, saya memulai jalan saya menjadi seorang pengusaha. Ternyata, tahun ini adalah persis, separuh hidup saya, saya dedikasikan diri sebagai seorang entrepreneur. Usia saya 38 Tahun, anak saya sudah berusia 14 Tahun sekarang dan saya ternyata sudah 19 Tahun, memastikan jalan saya, bahwa saya harus hidup dari menggaji orang lain, bukan sebaliknya.

Sementara saya telah 19 Tahun, berdialog bathin tentang apa itu pengusaha, mengapa mau menjadi pengusaha dan bagaimana caranya menjadi pengusaha, saat ini saya mendampingi anak-anak muda bangsa ini, yang ingin menjadi pengusaha. Saya harus membuat sebuah kesimpulan, benang merah dari jalan berliku, agar mereka, lebih cepat menjadi pengusaha, lebih cepat sukses dan bisa membimbing generasi berikutnya.

Untuk mempermudah itulah, maka mulai mengenalkan, kepada adik-adik mahasiswa @STIEBBANK , Kampus Pencetak Pengusaha di Jogja, bahwa setidaknya ada 3 level Pengusaha yang perlu mereka lewati, untuk memperoleh Financial Independent, kemerdekaan finansial yang artinya, di masa pensiun nanti, tidak perlu khawatir mengenai uang. Karena, Uang sudah dihasilkan oleh Aset maupun bisnis yang telah dibangun sebelumnya.

Karena begitu banyak orang yang berhenti dengan gagasan menjadi entrepreneur, karena terbentur oleh anggapan bahwa memulai bisnis harus dengan modal besar, maka saya memulai perjalanan 5 Level Pengusaha, dengan level 1 yang modalnya paling kecil, yaitu Menjual produk Orang Lain. Saya sudah menuliskan bukunya, 5 tahun lalu, “Kaya dan Bahagia Modal Ngobrol”. Anda bisa memulai bisnis anda, dengan modal ngobrol. Menjadi Makelar atau Broker, bisa menjadi salah satu pilihan.

Di Era ketika 70 Juta orang menggunakan internet saat ini, maka menjual produk orang lain melalui internet adalah salah satu pilihan. di Century21 Hebat Group, tim kami dilatih untuk menjual melalui internet. Mereka dilatih bagaimana beriklan yang efektif di twitter, di facebook, di market place seperti olx.co.id , rumah123.com , dll. Di zaman dimana kemacetan Jogja sudah tidak mau kalah dengan jakarta, mungkin itu juga terjadi di kota-kota lainnya, maka mencari informasi di internet sebelum memutuskan berbelanja, merupakan pilihan yang cerdas.

Lebih cerdas lagi adalah mereka yang menjual produk, mulai dari produk orang lain, melalui internet. maka Hal wajib yang harus dimiliki adalah account facebook, twitter, ataupun social media lainnya. mulailah kenalkan diri anda, bahwa anda menjual produk tertentu, yang sudah anda pilih sebelumnya dan mungkin sudah membuat kontrak kerja dengan suplier. Membuat Website tersendiri, baik untuk diri anda sendiri maupun untuk bisnis dan produk anda, adalah pilihan yang cerdas, yang bisa mempercepat kesuksesan anda. Hal yang tidak kalah pentingnya juga adalah milikilah smartphone yang membuat konsumen anda chat secara realtime dengan anda via BBM ataupun Whatsapp yang paling populer saat ini.

Sepertinya, hal ini simpel, tetapi begitulah cara yang dilakukan oleh tim saya, mereka sekarang bisa mendapatkan income jauh melebihi gajinya, tidak kalah dengan mereka yang membuka toko handphone, toko komputer, ataupun sebuah rumah makan. Jadi, jangan remehkan account social media anda, jangan-jangan, itu bisa menjadi modal anda jadi pengusaha Level 1 serta menjadi solusi bagi permasalahan finansial anda.

Salam Hebat

Putu Putrayasa